Rabu, 25 Februari 2015

Managing and Performing

BAB 1 PENGELOLAAN DAN PELAKSANAAN
          Empat elemen kunci yang membuat bisnis saat ini berbeda dari masa lalu :
1)      Globalisasi : Globalisasi tidaklah hanya merupakan inti dari perusahaan-perusahaan lintas negara yang besar. Globalisasi juga memegaruhi perusahaan-perusahaan kecil. Banyak perusahaan kecil mengekspor barang-barang mereka.
2)      Perubahan teknologi : menciptakan kesempatan baru. Tantangan-tantangan dari cepatnya kemajuan perubahan dalam bidang komunikasi, transportasi, informasi, dan teknologi lainnya. Salah satu dari perubahan teknologi adalah munculnya internet.
3)      Manajemen pengetahuan : Manajemen pengetahuan adalah sekumpulan praktik yang bertujuan untuk memenemukan dan memanfaatkan sumber-sumber daya intelektual.
4)      Kolaborasi lintas “batas”: sebuah pendekatan strategis yang aktif untuk memberikan layanann konsumen yang lebih baik dengan cara mengelola hubungan-hubungan sedemikian rupa sehingga konsumen menyumbangkan ide-ide terbaik mereka.
Manajemen untuk Memperoleh Keunggulan Kompetitif
            Penggerak-penggerak kesuksesan yang mendasar adalah sebagai berikut :
1.      Inovasi adalah memperkenalkan berbagai produk dan jasa yang baru. Inovasi adalah cara paling potensial untuk menghasilkan kekayaan yang baru.
2.      Kualitas adalah keistemawaan dari produk anda. Secara historis, kualitas banyak berkenaan dengan barang-barang fisik yang dibeli konsumen, dan merujuk pada sifat menarik, tidak cacat, dapat dipercaya , dan dapat diandalkan untuk jangka panjang.
3.      Kecepatan adalah pelaksanaan, respon, dan pengiriman yang cepat dan tepat waktu dari hasil-hasil produksi. Perusahaan yang jauh lebih cepat biasanya menjadi para pemenang, mereka yang lambat menjadi para pencundang.
4.      Layanan berarti memberikan pelanggan apa yang mereka inginkan atau butuhkan, ketika mereka menginginkannya.
5.      Daya saing biaya bearti bahwa biaya-biaya anda tekan cukup rendah sehingga dapat meraih keuntungan dan mematok harga produk-produk anda(barang maupun jasa) di tingkat harga yang menarik bagi konsumen.
6.      Keberlanjutan adalah upaya untuk meminimalkan penggunaan sumber daya, terutama mereka yang mencemari dan non terbarukan.
Fungsi-fungsi manajemen
            Manajemen adalah proses bekerja dengan orang-orang dan sumber daya untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.Fungsi-funsi manajemen adalah sebagai berikut:
1.      Perencanaan adalah memerinci tujuan-tujuan yang akan dicapai dan memutuskan di awal tindakan-tindakan yang tepat yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
2.      Pengorganisasian adalah mengumpulkan dan mengordinasikan manusia,keuangan, hal-hal fisik, hal yang bersifat informas, dan sumber daya lainnya yang diperlukanuntuk mencapai tujuan organisasi.
3.      Kepemimpinan adalah merangsang orang-orang dalam organisasi agar berkinerja tinggi. Kepemimpinan mencakup membina hubungan yang erat , membantu membimbing dan menginspirasikan mereka ke arah pencapaian tujuan tim dan organisasi.
4.      Pengendalian: memantau kinerja dan mengimplementasikan perubahan-perubahan yang diperlukan.melakukan pemantauan adalah sebuah aspk penting dari pengendalian.
Tingkat dan keahlian manajemen
            Jenis-jenis manajer yang ditemukan di tingkat-tingkat organisasi  adalah sebagai berikut:
1.      Manajer tingkat atas adalah para eksekutif senior dari sebuah organisasi yang bertanggung jawab terhadap keseluruhan manajemennya. Direktur utama adalah salah satu posisi manajer tingkat atas ditemukan di perusahaan-prusahaan besar.
2.      Manajer tingkat menengah, kadang kala disebut manajer taktis, mereka bertanggung jawab untuk menerjemahkan strategis ke dalam sasaran-sasaran dan aktivitas yang lebih spesifik.
3.      Manajer garis depan adalah para manajer yang mengawasi operasi-operasi organisasi. Para menejer ini sering kali memiliki jabatan seperti supervisor atau manajer penjualan.
Anda dan karier anda Apa yang harus anda lakukan untuk mengejar karier yang sukses dan memuaskan? Anda sangat dianjurkan melaukan hal-hal ini.
Pemimpin yang bekerja dengan tanggung jawab luas
            Manajer terbaik adalah “para pemimpin yang bekerja”. Mereka turut bekerja, melakukan sendiri pekerjaan yang sulit, memecahkan masalah-masalah, dan menghasilkan nilai.
Keahlian manajemen
            Keahlian teknis adalah melakukan sebuah tugas yang melibatkan sebuah metode atau proses khusus. keahlian konseptual dan pengambilan keputusan mencakup kemampuan untuk mengenali dan memecahkan masalah-masalah demi kepentingan organisasi dan setiap oarng terlibat. keahlian interpersonal dan komunikasi memengaruhi kemampuan manajer untuk bekerja dengan baik dengan orang-orang.
Menjadi spesialis sekaligus generalis
            Upayakan untuk menjadi seorang spesialis: anda harus menjadi orang yang ahli dalam suatu hal. Dan mempelajari bagaimana menjadi seorang generalis, mengetahui secara cukup mengenai beragam ilmu bisnis sehingga anda dapat berfikir secara strategis dan bekerja  dengan berbagai cara pandang.
Mengandalkan diri Sendiri
            Menjadi mandiri bearti mengambil tanggung jawab penuh atas diri anda sendiri, tindakan-tindakan anda, dan karir anda. Dengan kata lain: untuk menambahkan nilai, anda harus berpikir dan bertindak seperti seorang wirausahawan.
Menjadi terhubung
            Menjadi terhubung bearti memiliki banyak relasi dan hubungan-hubungan interpersonal yang berjalan baik. Modal sosial adalah nilai baik yang berasal dari relasi sosial anda, dan dapat digerakkan atas kehendak sendiri.
Mengelola Hubungan anda dengan Organanisasi anda secara aktif
            Adanya dua kemungkinan hubungan anda dengan perusahaan: #1. Hubungan yang didalamnya anda sebagai pekerja , dan secara pasif atasan anda mengatakan hal-hal yang harus dilakukan dan memberikan upah serta tunjangan kepada anda. #2. Hubungan dua arah yang di dalamnya anda dan perusahaan memperoleh manfaat satu sama lain.
Bertahan dan berkembang
            Kesuksesan karir kemungkinan besar jika Anda fleksibel, kreatif, dan ambisius. Anda akan perlu belajar bagaimana untuk berpikir secara strategis, membedakan dan menyampaikan visi bisnis Anda, membuat keputusan, dan bekerja dalam tim.

ANSWER DISCUSSION QUESTIONS
1. A good manager is a manager who is able to make him stand out among the others. The basic thing that can make the manager has the advantage over the other is like innovation (creating new ideas and implement them in their daily practice), quality (product features are created), speed (fast take action or decision), and cost competitiveness ( manage costs in order to be efficient).
2. Never, but as a result of ineffective managers is the destruction of his own in his company because of the absence of renewal in his company, other than that if managers are ineffective companies will fail in production because there is no difference between the goods that they produce the goods of other companies. Inefficient use of cost is also able to make a firm experiencing collapse.
3. Internet and globalization affect our lives, starting from simple things, we can browse assignments, broaden horizons because we can access the progress out there, and we can be influenced by foreign cultures because of globalization. With globalization and the Internet live, we can look wider than our own lives.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar